RSS

Tarik Ulur Kenaikan Harga BBM Bulan April 2013

21 Mar

Pada hari kamis, 14 Maret 2013, HS Dillon yang bertindak sebagai Staf Khusus Presiden untuk Penanggulangan Kemiskinan, mengatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemungkinan akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. “Saya pikir dia (SBY) mungkin tunggu April. Sebab sekarang dia sedang sibuk sampai akhir Maret ini,” katanya saat ditemui di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal Jakarta.

Keputusan soal subsidi BBM kemungkinan akan diumumkan SBY pada awal April. Dari beberapa alternatif solusi, kecenderungan yang akan dipilih adalah menaikkan harga BBM Bersubsidi (Kompas, 15 Maret 2013). Inilah inti pernyataan yang dikeluarkan oleh Staf Khusus Presiden untuk Penanggulangan Kemiskinan Harbrinderjit Singh (HS) Dillon. Keputusan ini setelah ada nasihat bulat oleh seluruh penasihat SBY. Dengan alasan penghematan anggaran sehingga dapat diarahkan ke program pengentasan kemiskinan.

Diperkirakan, tahun 2013 subsidi BBM mencapai kuota sebesar 46 juta kiloliter (KL). Bahkan angka ini diperkirakan akan naik hingga 53 juta KL. Nilai ini tak jauh dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 45,27 juta Klsetelah mengalami kenaikan dari nilai sebelumnya. Padahal konsumsi masyarakat akan energi terutama BBM akan terus meningkat setiap tahun. Hal ini mengisyaratkan bahwa pemerintah akan serius untuk mengkaji kenaikkan harga BBM bersubsidi. Buktinya adalah jumlah kuota subsidi yang dicanangkan pemerintah pada tahun ini nilainya hampir sama dengan subsidi yang pemerintah tanggung pada tahun sebelumnya.

BBM

Dengan naiknya harga BBM dapat dipastikan akan mempengaruhi berbagai sektor perekonomian lainnya, seperti kenaikan harga sembako, kenaikan TDL,dan sebagainya. Akan tetapi, akhir-akhir ini, isu kenaikan harga BBM sepertinya tidak begitu memanas di masyarakat. Padahal tahun sebelumnya, isu yang serupa terjadi dan bahkan hampir akan terjadi kenaikan. Karena mendapatkan protes besar dari masyarakat di berbagai daerah, kebijakan ini ditunda. Namun saat ini justru hal tersebut seperti adem ayem saja artinya tidak menjadi isu utama, bahkan mungkin masyarakat luas tidak mengetahui hal tersebut. Hal ini disebabkan ada beberapa isu dan penolakan dikeluarkan untuk menutup-nutupi isu kenaikan harga BBM.

Pada awal tulisan ini, penulis mencantumkan sebuah pernyataan salah satu orang penting di bagian kepresidenan yakni HS Dillon. Pernyataan HS Dillon di media nasional tersebut mendapat bantahan dari Julian Pasha (Juru Bicara Kepresidenan) terkait rencana presiden untuk menaikan harga BBM pada bulan April nanti. Menteri Keuangan juga mendukung pernyataan yang disampaikan Jubir Kepresidenan, bahwa saat ini persoalan BBM masih dalam kajian. Dan kenaikan harga BBM Bersubsidi akan menjadi opsi terakhir. Jero Wacik (Menteri ESDM) dalam sindonews.com (19 Maret 2013)  mengatakan  yang paling mungkin terjadi nantinya adalah penghematan. “Pertama, penghematan dulu. Setelah itu, pembatasan dilakukan”.

Mengutip pernyataan dari mantan Wakil Menteri ESDM, Widjajono Partowidagdo (alm), bahwa dengan menaikkan harga BBM akan mendorong naiknya kebutuhan energi terbarukan secara khusus dan pertumbuhan ekonomi secara umum. Dengan demikian akan terjadi penghematan terhadap konsumsi BBM. (beritajatim.com)

Isu lain yang saat ini sedang memanas dan bahkan menjadi bahan perbincangan di berbagai kalangan isu kenaikan harga komoditas pangan yakni daging sapi terkait kelangkaan pasokan daging sapi di pasaran. Masalah ini terus berkembang sehingga melibatkan salah seorang petinggi partai di Indonesia berinisial LHI sebagai tersangka dalam kasus suap terkait pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

Belum selesai kasus suap impor daging sapi, timbul masalah baru yang juga melibatkan kementerian Pertanian yakni kenaikan harga  bawang merah, dan bawang putih. Biasanya harga kedua jenis bawang sebesar Rp. 15.000 – Rp. 25.000, kini mencapai harga harga Rp. 50.000 – Rp. 80.000. Hal yang disebabkan kurangnya pasokan komoditas di pasaran yang dipengaruhi mulai dari faktor iklim sampai isu adanya penimbunan barang oleh pihak tertentu.

Pada kenyataannya, pemerintah memang berniat untuk menaikan harga BBM semenjak beberapa tahun belakangan. Walaupun isu ini sudah digulirkan pada pertengahan maret, akan tetapi kenaikan harga BBM pada bulan April 2013 belum bisa dipastikan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan, di tahun terakhir masa jabatannya sebagai presiden, SBY akan merealisasikan kebijakan kenaikan harga BBM. (TR)

Selesai dibuat dan diedit

Pada hari Rabu, 20 Maret 2013 bertempat di DKM Masjid Al Ihsan STKS

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Maret 21, 2013 in Me and Analysis

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: