RSS

Pergantian Estafet Pengurus (Mubes LDK KMM) – 16 Maret 2013

17 Mar

Sabtu pagi yang  sangat cerah. Jam setengah delapan, tampak beberapa teman-teman sedang sibuk mempersiapkan ruang IPA (Intalasi Pendidikan Agama) STKS. Bukannya, sedang tidak ada kerjaan, melainkan sebentar lagi ruangan tersebut akan digunakan sebagai tempat bagi pelaksanaan acara sakral bagi LDK KMM STKS Bandung. Meja dan kursi disusun sehingga mirip seperi ruangan sidang. Tak lupa juga memberikan sebuah pembatas (hijab) diantara tempat akhwat dan ikhwan.

Peristiwa sakral bagi LDK KMM STKS adalah Mubes. Mungkin, ada yang baru pertama kali mendengarkan nama Mubes. Tidak apa-apa…..

Akan saya jelaskan secara garis besarnya saja.

Mubes merupakan singkatan dari Musyawarah Besar. Musyawarah Besar diselenggarakan satu kali ( 1 tahun ) kepengurusan yang dilaksanakan pada masa akhir jabatan pengurus LDK KMM STKS. Adapun selama pelaksanaan Musyawarah Besar perkara yang dibahas meliputi, pembahasan AD/ART LDK KMM STKS, Laporan pertanggungjawaban pengurus KMM diakhir kepengurusannya, serta menetapkan memilihan, pengangkatan dan pengambilan sumpah Kepala LDK KMM STKS periode kepengurusan selanjutnya.

Saya lanjutkan kembali kegiatan Mubes KMM, yang dipandu oleh MC dari kader LDK KMM yakni Akhi Wildan.

Sesuai jadwal, Mubes LDK KMM seharusnya dilaksanakan pukul 08.00 WIB. Akan tetapi, ketika pukul 08.30, peserta baru hadir di ruangan baru sedikit dan jumlahnya pun tidak mencapai lima (5) orang. Padahal surat undangan dan SMS telah disebarkan terkait acara ini sebelumnya. Hal ini sungguh sangat mengecewakan bagi seorang aktivis dakwah kampus. Islam sangat mengutamakan kedisiplinan, salah satunya melalui ibadah sholat wajib setiap harinya. Tidak hanya sholat dalam ibadah-ibadah yang lainnya juga, Islam dengan gamblang mengajarkan agar senantiasa mendisiplinkan diri mulai dari berpakaian, berinteraksi dengan sesama yang dimana terdapat nilai-nilai kedisiplinan.

Setelah menunggu agak lama dari waktu yang ditentukan, Alhamdulillah pukul 09.10 acara dapat dimulai.

Acara awal dalam kegiatan Mubes ini adalah pergantian pembina yakni dari Pak Dayat Sutisna kepada Pak Aep Rusmana. Sebagaimana telah diketahui para pengurus, Pak dayat adalah sosok yang telah membimbing dan membina LDK KMM selama tiga (3) tahun lamanya. Beliau juga menjabat sebagai sekretaris DKM Al Ihsan STKS Bandung. Dan Pak Aep sebagai sosok yang baru pertama kali muncul di LDK KMM. Namun demikian, sosok pak Aep begitu akrab dengan teman-teman pengurus LDK KMM baik dalam kampus maupun diluar kampus. Dengan adanya binaan dari beliau yang menjabat sebagai ketua program pasca sarja SP-1 STKS, LDK KMM berharap mampu menjadi organisasi kampus yang dapat berkembang pesat di dalam dan luar kampus dalam menyebarkan Islam.

Tidak disebut mubes jikalau tidak dipimpin oleh presidium. Adapun yang bertindak sebagai presidium adalah dewan syuro LDK KMM yakni Akhi Jajang Rusmana. Untuk membantu tugasnya, beliau menunjuk dua orang dari peserta sidang yang hadir yakni Edi Chandra (Mahasiswa STKS angktn 2011) dan Nafi Gilang Hikari (Mahasiswa STKS angktn 2012) sebagai presidium II dan III.

Pembahasan AD/ART LDK KMM 2013/2014 pun berlangsung dengan baik. Beberapa saran dari peserta baik Ikhwan dan Akhwat ditampung oleh presidium dan dijadikan pertimbangan dan perbaikan berikutnya. Bahkan sempat ada perbaikan secara langsung saat pembahasan AD/ART tersebut baik terkait dengan susunan kata atau penambahan kalimat/kata. Sempat terjadi perbedaan pandangan atas isi dari AD/ART, namun hal tersebut tidak membuat sidang menjadi ricuh seperti rapat-rapat sidang yang ada di parlemen.

Setelah pembacaan AD/ART selesai, acara selanjutnya adalah pembacaan Laporan PertanggungJawaban kepengurusan LDK KMM periode 2012/2013. Pembacaan tersebut dilakukan oleh Kepala LDK KMM yakni Akh. Syaroful Anam yang merupakan Mahasiswa STKS angktn 2010. LPJ berkaitan berbagai program yang telah dilaksanakan oleh LDK KMM sejak awal pengurusan akhir maret 2012 sampai hari ini.

Kini tibalah, agenda yang ditunggu-tunggu yakni pemilihan kepala LDK KMM yang baru. Agenda ini dipimpin langsung oleh Presidium sidang. Presidium telah menentukan beberapa syarat seorang pengurus dapat menjadi kepala LDK KMM yang baru diantaranya, (1) Ikhwan; (2) Pengurus Aktif dari Mahasiswa Angktn 2011; (3) Aktif dalam berbagai kegiatan LDK KMM. Dan tiga yang terpilih menjadi calon kepala LDK KMM yang hadir adalah Nurdin Soga, Lutfi Maulana, dan Danu Maulid Efendi.

Mekanisme pemilihan dilakukan melalui sebuah syuro (musyawarah) ketiga calon tersebut didampingi pula perwakilan dua orang akhwat yakni Intan Sulistya dan Annisa Nur Fatin. Syuro dilakukan di dalam ruangan IPA yang ditutup dan peserta selain kelima orang tersebut diminta untuk meninggalkan ruangan sebentar. Dan akhirnya, dari ketiga calon tersebut, yang disepakati dan dipilih sebagai kepala LDK KMM yang baru adalah akh. Danu Maulid Efendi. Barokallohufii….

Adzan pun berkumandang, menandakan bahwa kami harus beristirahat terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan sholat zuhur berjamaah dan makan siang bersama di sekretariat dan TPA DKM Al Ihsan.

Acara kembali dilanjutkan pukul 1 siang dengan agenda penyampaian materi oleh akh. Agus Niamilah, SST yang merupakan alumni STKS Bandung pada tahun 2011. Beliau juga merupakan Kepala LDK KMM periode 2008-2010. Adapun materi yang beliau sampaikan bertema ” Dakwah sebagai Gerakan Membangun Kehidupan Islam”. Beliau menyampaikan sebuah perumpamaan dalam berdakwah, jika seorang dokter hendak memberikan oba bagi pasiennya maka dokter tersebut hendaknya terlebih dahulu mengidentifikasi penyakit dari pasiennya. Begitu pula dengan seorang Da’i (Pendakwah)yang diibaratkan sebagai seorang dokter, maka untuk memberikan obat (solusi Islam) harus mengidentifikasi penyakit (permasalahan) yang dialami oleh pasiennya (umat). Pada intinya, beliau berpesan bahwa untuk melakukan aktivitas dakwah, seorang aktivis harus mengetahui akar masalah dari sasaran dakwah sehingga solusi Islam yang ditawarkan tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dan di penghujung acara, kegiatan mubes LDK KMM ditutup dengan penyampaian pidato politik dan doa oleh Kepala LDK KMM yang baru. (TR)

Selesai dibuat pada:  

17 Maret 2013 (bada dzuhur), di kamar 34 Aspa Biru STKS

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 17, 2013 in Me

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: